Baru Setahun JUT di Desa A Widodo Mulai Rusak

  • Whatsapp

MUSIRAWAS | LINGGAUUPDATE.COM — Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) yang berada di Desa A Widodo,Kecamatan Tugumulyo ,Kabupaten Musi Rawas dengan Sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pertanian Tahun 2018 kecewakan masyarakat.


Pasalnya bangunan jalan di areal persawahan tersebut dengan panjang 200 Meter,Lebar 115 Cm Dan tebal 20 Cm saat ini telah rusak dan mengelupas.
Menurut warga setempat, Sutarman mengatakan bahwa pekerjaan JUT diduga asal jadi.


“pelaksanaan pembangunan JUT asal jadi,rumput bekas penebasan diletakan ke tengah bangunan,lalu diatas tumpukan rumpuy dihamburi pasir dan kemudian langsung di cor”,katanya.


Hal senada yang dikatakan Ahmadi,bahwa kondisi jalan yang dibangun ditahun 2018 ini hampir keseluruhan telah rusak dan berlobang.


“Di isinya rumput didalam atau ditengah bangunan itu agar bangunan jalan itu tidak cepat rusak”,Ceritanya dengan cara menirukan pembicaraan tukang bangunan saat ditanya dirinya.


Ahmadi menduga bahwa adukan semen dengan pasir tidak sesuai dengan RAB dan membuat cepat rusak dan mengecewakan masyarakat.


“saya kira adukan semen dengan pasir ìtu tidak seimbang, banyak lah pasir dari pada semen karna itu yang menyebabkan bangunan ini cepat rusak”,duganya

PLT Kepala Dinas Pertanian dan peternakan, Tohirin menjelaskan bahwan kegiatan tersebut berasal dari Aspirasi Dewan dan adanya kerusakan jalan tersebut bukanlah tanggung jawab dinas yang dikomandoinya,karena setelah setiap pembangunan JUT ,pihaknya sudah ada perjanjian kepihan petani.


“setelah selesai pekerjaan dan sudah serah terima antara kami dengan petani .maka petani lah yang merawat jalan tersebut”,jelasnya (Senin 2/09

Dan ketika ditanya berapa jumlah dana yang dikeluarkan untuk bangunan tersebut , Tohirin menggatakan tidak tau ,karena bangunan JUT yang ada di Musi Rawas ini banyak.

” saya tidak hapal ,mulai dari dana nya berapa , panjang berapa dan tebal berapa saya tidak tau”, ungkap tohirin.

Pantauan awak media di lapangan , terlihat jelas bangunan Jalan Usah Tani (JUT) sudah banyak yang mengelupas dan berlobang , sehinga batu-batu koral banyak berhamburan keluar dari badan jalan, dan jika di lewati dengan kendaraan roda dua sangat terasa tidak nyaman.
(Darmawi)

Pos terkait