Biaya Consultan Kajian “Konflik” Pemakaian Air Di Musirawas Telan Dana Rp 11 Milyar

  • Whatsapp

LINGGAUUPDATE.COM — PEMERINTAH Provinsi Sumatera selatan melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera atau BBWS VIII Palembang ditahun 2019. Telah mengalokasikan biaya, untuk Consultan atas Kajian “Konflik” Pemakaian air didaerah irigasi senilai Rp 11 milyar, Kamis (5/12/2019).

Konflik tersebut, terkait kepentingan pemakian air didaerah irigasi antara petani sawah dengan pemilik kolam ikan arus deras yang tak kunjung usai, tepatnya diwilayah Kabupaten Musirawas dan Kota Lubuklinggau, atas Persoalan ini melalui Program IPDMIP (Integrated Participatory Development Management of Irrigation Project) BBWS Sumatera VIII, telah menganggarkan kegiatan berupa SID Daerah Irigasi dan Daerah Rawa dalam kewenangan Pusat yang berada di Provinsi Sumatera selatan.

Adapun, pelaksanaan dari kegiatan ini diantaranya melakukan kajian prioritas daerah dilokasi seperti DI. Kelingi Tugumulyo Kab. Musi Rawas dan Kota Lubuk linggau yang harus mendapat skala perioritas yang terlebih dulu dikerjakan sebab adanya konflik kepentingan air, sehingga untuk segera dikonstruksi fisikan.

Dalam hal ini, BBWS Sumatera VIII bersama pihak Consultan dari PT. Widya Graha Asana – PT. Mitra Karya Sanjaya Jo, telah melanjutkan Penandatanganan kontrak pekerjaan IPDMIP pada hari Rabu (2/1)
dengan nilai kontrak sebesar Rp.11 milyar, dengan waktu pelaksanaan pekerjaan selama 15 bulan.

Menurut Erwin, selaku Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pengairan Tugumulyo, saat dibincaingi mengatakan sejauh ini yang dirinya ketahui pekerjaan yang dilaksanakan baru sebatas Surve atau melakukan kajian dari pihak Consultan. Lanjutnya, sedangkan untuk pekerjaan fisik setahunya melalui informasi yang dia terima akan dikerjakan ditahun 2020 nanti.

“Saya pernah bertemu dengan pihak Consultan, sepertinya mereka sedang melakukan Surve lokasi untuk Kajian teknis dari BBWS Sumatera VIII”, ujarnya.

Sementara ini, sampai berita ini diterbitkan pihak BBWS Sumatera VIII Palembang belum berhasil untuk dikonfirmasi. (Toding Sugara)

Pos terkait