Biaya Rehab Labor Hampir Satu Milyar

  • Whatsapp

MUSIRAWAS | LINGGAUUPDATE.COM —Alamak Biaya Rehab berat gedung laboraturium milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas. Telan dana hampir satu milyar,
Senin (21/10/2019).

Menurut, salah satu Teknik sipil ahli bidang kontruksi bangunan, Andi, mengatakan. Rehab berat, yaitu pekerjaan perbaikan kerusakan pada gedung yang sudah tidak layak pakai dan harus diganti yang baru, dalam dunia kontruksi itu ada tiga hal diantaranya. Pembangunan, Rehab dan Pemeliharaan dengan nilai dana berbeda.

“Rehab laboraturim, bila dilihat dari acuan. Akuinya, sudah pasti melenceng dan itu tidak sesuai”. Ditambahkan dia, saya heran apakah pihak Dinkes Mura tidak mengerti atau disengaja.”Setahu saya, itu Menyalahi,” ungkap Alhi Kontruksi.

Belum lama ini, disampaikan Rudi, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Saat ini direhabnya gedung laboraturim yang lama, dikarenakan sudah tidak layak pakai dan Perlu diperluas, serta wajib SNI atau Standar Nasional Indonesia.

“Dinding lama, beserta ruangan dalam sebesar 75 persen, itu dibongkar habis”. Lanjut PPK, sedangkan bagian atas gedung semuanya dirombak total, “Setahu saya, dari Jendelan dan Pintu, serta Atap maupun Rangka baja semu diganti baru,” jelasnya.

Dikatakan, PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, sebelumnya, Iwan. Gedung laboraturium milik Dinkes Mura, yang lama sebelum direhab berat gedung tersebut dibongkar habis.

“Terkait, pekerjaan apa saja yang diganti. Silahkan tanya rekanan, sebab mereka yang belanja dan yang lebih tahu,” saranya.

Diketahui ditahun 2019, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musirawas, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) telah Mengalokasikan dana sekitar Rp 985 juta, untuk Pekerjaan Pembangunan Gedung Laboratorium, yang dikerjakan oleh CV. Jaya Karya Mandiri, selaku Pemenang lelang. (Darmawi)

Pos terkait