BPK temukan Belanja Pegawai BLUD RS dr. Sobirin Musi Rawas Menyimpang

  • Whatsapp

MUSI RAWAS | LINGGAUUPDATE.COM  – Belanja Pegawai  Honorarium non PNS yang dianggarkan BLUD Rumah Sakit dr. Sobirin pada tahun 2017 tidak tepat dan memboroskan keuangan daerah.

Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK, BLUD RS dr. Sobirin merealisasikan belanja pegawai – honorarium non PNS selama tahun 2017 dengan realisasi anggaran 92,50%.

Belanja pegawai tersebut direalisasikan menggunakan DPPA RS dr. Sobirin yang bersumber dari APBD tahun 2017.

Pemeriksaan atas dokumen pertanggungjawaban belanja tambahan penghasilan bagi pegawai non PNS yang menggunakan APBD dan konfirmasi kepada kepala bagian keuangan RS dr. Sobirin mengungkapkan terdapat realisasi pembayaran tambahan penghasilan bagi pegawai non PNS RS dr. Sobirin sebesar Rp. 219.650.000,00.

Penelusuran lebih lanjut terhadap peraturan Bupati nomor 51 tahun 2017 tentang tata kelola RS dr. Sobirin kabupaten Musi Rawas mengungkapkan bahwa pembayaran tambahan penghasilan bagi non PNS sebesar Rp.219.650.000,00, tersebut seharusnya dialokasikan dan direalisasikan menggunakan RBA BLUD, bukan melalui DPPA BLUD RS dr. Sobirin yang bersumber dari APBD.

Hal tersebut telah menlanggar ketentuan yang berlaku, dan atas permasalahan tersebut mengakibatkan pemborosan keuangan daerah.

Hingga berita ini ditayangkan, baik Direktur Rs dr. Sobirin dan bendahara BLUD belum dapat ditemui dan tidak dapat dihubungi.(TIM)

Pos terkait