Desa Suka Makmur Terima Penghargaan PROKLIM Dari Menteri LHK

  • Whatsapp

LINGGAUUPDATE.COM–  Desa Suka Makmur, Kecamatan BTS Ulu Cecar, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan meraih prestasi dan penghargaan Pembinaan Program Kampung Iklim (PROKLIM) pada Hari Festival Iklim dari
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar, Rabu (2/10/2019).

Perhelatan festival perubahan iklim tingkat nasional ini digelar di Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta. Festival tersebut dibuka langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan dihadiri oleh 6 Gubernur, 44 Bupati/Walikota beserta Kepala OPD DLH dan Kades sebagai penerima penghargaan apresiasi pembinaan PROKLIM tahun 2019.

Kepala Desa ( Kades) menyatakan Dia merasa senang dan bangga atas anugerah yang telah dia raih. Menurutnya, penghargaan yang dia dapat tidak luput dari kerjasama yang solid dan dukungan dari Bupati Musirawas, PT Medco E&P Indonesia, Camat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Masyarakat Suka Makmur serta dari berbagai pihak.

“Kedepannya baban yang kita emban lebihcberat, sedikitnya kita harus mampu membina 10 desa. Insya allah atas dukungan dari berbagai pihak, kita akan siap mengemban beban ini,” kata Wancik yang akrab dipanggil Jupitter Pandawa .

Dilanjutkan Wancik, dia tidak pernah membayangkan kalau dirinya bakal mendapat penghargaan dari menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar Ri.

Sebelumnya, MenLHK Siti Nurbaya Bakar dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas kinerja kepala daerah yang berkomitmen dan berkontribusi dalam pengendalian perubahan iklim, wujud dari komitmen dan kontribusi tersebut di apresiasi dengan memberikan penghargaan kepada kepala daerah, Kepala OPD DLH, Kades dan Kasi Yang membidangi kegiatan Proklim.

“Selamat kepada penerima penghargaan apresiasi PROKLIM dan kedepan tingkatkan kinerja untuk pengendalian perubahan iklim,” tegas beliau.

Hal senada disampaikan Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan, dirinya mengatakan bahwa kegiatan pengendalian perubahan iklim yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mura dengan kelompok sasaran Desa Suka Makmur, Kecamatan BTS Ulu merupakan komitmen kami untuk memberikan kepastian dan contoh bahwa betapa pentingnya kualitas lingkungan hidup yang sehat baik di udara, air dan tanah.

“DLH Mura sudah melakukan itu dengan baik melalui kegiatan pengawasan dan pemantauan kualitas lingkungan hidup serta bersinergi dengan dunia usaha, kita bisa lihat hasil nya dan hari ini kita telah meraihnya, bukan mudah untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

“Dari 17 Kabupaten dan Kota se Sumatera Selatan, hanya 2 Kabupaten yang mendapatkannya, yaitu Kabupaten Musirawas dan Muara Enim, saya sangat bangga atas kinerja DLH Mura dan Kades Suka Makmur, selamat dan sukses,” kata Bupati.

Masih di tempat yang sama, Bupati Mura yang di dampingi Kepala OPD DLH Mura Hermeruddin, SH, Kades Suka Makmur dan Kasi Inventarisasi RPPLH dan KLHS tampak gembira setelah menerima penghargaan apresiasi PROKLIM Utama Tingkat Nasional dan melakukan kunjungan ke stan PROKLIM DLH Provinsi Sumsel serta melakukan sesi foto bersama. (zal)

Pos terkait