Dewan Pantau Masalah Hukum Terkait Pungutan Diklat Penguatan Kepala Sekolah

  • Whatsapp

MUSIRAWAS | LINGGAUUPDATE.COM —Adanya Pemeriksaan oleh TIM penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau terhadap Petugas Laksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pendidikan Musi Rawas Irwan Effendi,Kepala Bidang (Kabid) GTK pada Dinas Pendidikan Riva’i serta eks Kabid GTK Rosa dan Kemarin (Selasa 21/05) Enam (6) Kepala Sekolah yang ada diwilayah Kecamatan Muara Lakitan untuk diminta keterangan terkait pungutan kepada 283 Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk mengikuti kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah tahun 2019 sebesar Rp. 3.000.000 per Kepala Sekolah beberapa waktu lalu.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas Yudi Fratama mengatakan saat ini Kejari Lubuklinggau masih dalam proses penyelidikan (mengumpulkan keterangan) terhadap Oknum-Oknum yang terlibat dan Pihaknya terus memantau perkembangan penyelidikan yang dilakukan penyidik Kejari Lubuklinggau .

“Kita mengedepankan Azas Praduga Tak Bersalah,pastinya kita terus pantau perkembangannya”,katanya.Rabu (22/05)

Yudi Fratama menambahkan Apabila benar terjadinya penyimpangan oleh Dinas Pendidikan ,ini akan menjadi catatan pihaknya.

“Apabila Terbukti terjadi penyimpangan oleh Disdik,Ini akan menjadi catatan DPRD Musi Rawas”,tambahnya.

Yudi Fratama berharap kedepannya OPD-OPD yang memiliki struktural kebawah untuk melakukan setiap kegiatan, harus dipersiapkan secara matang rencananya mengenai anggaran biaya yang dibutuhkan.

“Agar tidak adanya pungutan-pungutan,DPRD berharap kepada OPD untuk mematangkan persiapkan Anggaran untuk seluruh kegiatan”,harapnya
Sebagaimana permasalahan ini telah bergulir keranah hukum, sepertinya kedepan akan terus dilakukan pemeriksaan oleh pihak penyidik kejaksaan negeri kepada pihak – pihak yang dinilai bertanggung jawab atas persoalan tersebut.

Sebagaimana diketahui Pihak penyidik dari seksi pidana Khusus Kejaksaan negeri Lubuklinggau telah memanggil dan memeriksa PLt Kadisdik Musi Rawas, Kabid GTK dan Mantan Kabid GTK Disdik Mura. Selain itu juga enam kepala sekolah turut diperiksa kedepan sepertinya pihak penyidik masih akan memeriksa kepala sekolah yang ikut dalam kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah tahun 2019.

(TIM)

Pos terkait