Dinkes Mura “Gerbang” Insentif Covid-19

  • Whatsapp

LINGGAU UPDATE — MULAI terhendus persoalan adanya penganggaran Pemberian Insentif, bagi Tenaga Kesehatan dan Gugus Tugas dibiayai Dinas Kesehatan (Dinkes) Musi Rawas (Mura).***


Berbagai keterangan sumber berbeda kepada Media Linggau update.com, mengatakan terdapat dana sekitar sepuluh milyar lebih, disalurkan Dinas Kesehatan Musi Rawas untuk Insentif Covid dengan besaran bervariasi, kepada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Musi Rawas sesuai masing-masing kreteria.


Menurut, Kepala Dinas Perdagangan Musi Rawas, Nurhasanah Yoesoef, membenarkan dirinya telah menerima insentif penanganan Covid diberikan melalui Dinas Kesehatan.”Benar, dirinya terima Insentif dari Dinkes Mura,” singkat dia, baru ini.

Hal serupa, dibenarkan juga oleh Budi, selaku Kabid di Dinas Perikanan Musi Rawas, dia telah diberikan Dinkes Mura Insentif Covid kisaran dua juta lebih.”Saya, terima insentif beberapa bulan sekita dua juta-an,” katanya.


Sisi lain, pendanaan untuk insentif Covid di Dinkes Mura. Diterangkan, Oknum RSUD Sobirin terdapat dana dari alokasi berbeda dengan besaran diterima tidak sesuai beban kerja seperti dari Biaya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020 Dinkes mengalokasikan sekitar Rp.17 Milyar.


“Untuk APBD, dana kisaran Rp.17 Milyar. Akuinya, realisasinya wajib dicurigai untuk siapa saja”. Sambung-nya,

sementara ada juga dana Insentif dari Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Tambahan sekitar Rp.3 Milyar lebih.

“Sumber dana jelas beda, saat ini penerima bisa saja sama,” ucap Oknum RSUD Sobirin tidak mau disebutkan nama.


Sementara, informasi beredar belum lama ini Kepala Kejaksaan Negeri Lubuk Linggau, belum lama ini menolak keras..?, atas pemberian insentif Covid, sebagai Gugus Tugas dari Dinas Kesehatan Musi Rawas, yang diantar langsung oleh Sekretaris Dinkes Mura, Muhamad Nizar.
Sewaktu, ditemui dikantornya, Selasa (2/3/2021) untuk di Wawancarai atas persoalan tersebut Sekretaris Dinkes Mura, sedang tidak berada dikantor. “Pak Nizar, sedang ada acara diluar kantor,” ujar wanita staf penjagaan depan. (Toding Sugara)

Pos terkait