Dispora Muratara Tidak Serahkan Belanja Uang Untuk Masyarakat

  • Whatsapp

 

MURATARA | LINGGAUUPDATE.COM —Belanja uang untuk diserahkan kepada masyarakat pada tahun anggaran 2018, tidak diberikan kepada penerimanya oleh Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dengan nilai puluhan juta rupiah.

Tertuang dalam Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) Nomor: 28.A/LHP/XVIII.PLG/05/2019. Dinas Pemuda dan Olahraga pada TA 2018 menganggarkan Belanja Uang untuk Diberikan kepada Masyarakat sebesar Rp231.000.000,00 dan telah terealisasi sebesar Rp229.600.000,00 atau sebesar 99,39%.

Uang untuk diberikan kepada masyarakat ini merupakan uang hadiah atas perlombaan maupun bonus atas prestasi yang diraih masyarakat Kabupaten Musi Rawas Utara.

Mekanisme realisasi Belanja Uang untuk Diberikan kepada Masyarakat dimulai dengan melakukan penerbitan surat keputusan bupati yang berisi nama penerima, prestasi yang dicapai, dan besaran uang yang akan diterima. Berdasarkan surat keputusan bupati tersebut, PPTK melakukan proses pertanggungjawaban terlebih dahulu kemudian proses pencairan.

Pada proses pencairan, Bendahara Pengeluaran menyerahkan uang yang akan diserahkan ke masyarakat dalam bentuk tunai kepada PPTK. Selanjutnya PPTK menyerahkan uang tersebut kepada pihak yang berhak sesuai dengan surat keputusan bupati.

Realisasi Belanja Uang untuk Diberikan kepada Masyarakat TA 2018 untuk hadiah perlombaan pemuda dan pelajar berprestasi di lingkungan Kabupaten Musi Rawas Utara sebesar Rp129.900.000,00.

Adapun rincian belanja uang yang tidak diberikan kepada penerimanya terdapat dibeberapa kegiatan, yakni .
1. Pembinaan Putra Putri berprestasi O2SN. (Bonus kepada atlet berprestasi dan Bonus Penghargaan Atlet yang tidak diberikan)
2. Pembinaan Putra-Putri Berprestasi Olimpiade Sains Nasional.
3. Pembinaan Putra-Putri Berprestasi Tingkat Provinsi/Nasional.
4. Lomba Kreasi Pemuda.
5. Lomba Karya Tulis Ilmiah.
Atas permasalahan tersebut, BPK merekomendasikan Bupati Musi Rawas Utara agar memerintahkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga untuk. Meningkatkan pengawasan dan pengendalian pembayaran Belanja Uang untuk Diberikan kepada Masyarakat, Menginstruksikan PPTK Pembinaan Putra-Putri Berprestasi, PPTK Kegiatan Karya Tulis Ilmiah, dan PPTK Kegiatan Lomba Kreasi Pemuda untuk mematuhi ketentuan dalam melaksanakan Belanja Uang untuk Diberikan kepada Masyarakat Memproses kelebihan pembayaran dan menyetorkannya ke Kas Daerah.

Sementara itu, Haidir kalingi selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Muratara mengakui bahwa permasalahan tersebut terjadi bukan di masa jabatan nya saat ini.

“Temuan itu bukan dimasa saya, saya baru beberapa bulan menjabat Kepala Dinas, mungkin temuan itu terjadi di masa Kadis yang lama, Pak Erwin,” Akui nya kepada awak media.

(Tim)

Pos terkait