DMI Musi Rawas Belum Laporkan Pertanggungjawaban Hibah Satu Milyar

  • Whatsapp

MUSI RAWAS —LEWAT batas akhir, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Musi Rawas (Mura), belum juga menyampaikan laporan pertanggungjawaban atas pengunaan dana hibah sekitar Rp 1 milyar.

Hal ini, disebutkan dalam temuan BPK atau Badan Pemeriksa Keuangan atas Laporan Keuangan Pemkab Musi Rawas tahun anggaran 2019, dengan Nomor:14.A/LHP/XVIII.PLG/04/
2020, yang diterbitkan BPK ter tanggal 8 April 2020 menyebutkan Dewan Masjid Indonesia, selaku Penerima hibah dari dana APBD Musi Rawas, bahwa sampai batas waktu yang sudah ditentukan, yaitu 10 Januari 2020, diketahui DMI belum menyampaikan pertanggungjawaban atas pengunaan dana tersebut.

Tanggal 20 Januari 2020, pihak BPKAD Mura telah menyampaikan surat kepada penerima hibah agar segera menyampaikan laporan atas kegunaan dana hibah, dan belum terdapat tindak lanjut dari penerima. Sehingga, kondisi tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 tahun 2011, tentang Pedoman Pemberian Hibah.

Sementara, atas persoalan ini mengakibatkan ada potensi penyalahgunaan dana hibah.

Rabu (20/5), Disampaikan Bendahara Hibah pada
Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mura, Bekti Widodo. Mengatakan dari perjanjiaan hibah yang tertuang pada Naskah Perjanjiaan Hibah Daerah atau NPHD, terakhir batas waktu penyampiaan laporan hibah itu berakhir ditanggal 10 Januari 2020. Lanjutnya, seperti pemberiaan hibah pada DMI Musi Rawas didalam NPHD itu ada tangunggjawab Bagian Kesejahteraan Rakyat (KESRA) Mura yang menandatangani perjanjiaan.

“Terkait DMI, sudah pasti Bagian Kesra Mura punya tangunggjawab,” katanya.

Diakuinya, sampai saat ini dirinya tidak tahu atas temuan BPK sebab hasil Audit BPK tidak sampai ke dirinya.

“Saya, ini masih baru jadi harus banyak belajar”. Sambungnya, dari pihak DMI Mura yang dia tahu hanya sebatas pak Abdul Halim.”Dirinya, sampai sekarang tidak tahu sama Ketua DMI Mura,” ungkap Bekti Widodo.

Hari yang sama, Kepala Bagian (Kabag) Kesra Musi Rawas, Yusran Amri, saat ditemui untuk diwawancarai sedang tidak ditempat.

“Pak Kabag Kesra, sedang rapat dikantor Kemenag,” jelas Staf Bagian Kesra melalui Penjaga keamanan Kantor Bupati Mura. (Toding Sugara)

Pos terkait