DPRD Lubuklinggau Sampaikan 3 Raperda

  • Whatsapp

LUBUKLINGGAU — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Lubuklinggau menggelar rapat paripurna penyampaian tiga rancangan peraturan daerah (Raperda). Rapat yang dihadiri Ketua DPRD Rody Wijaya beserta anggota, Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar dan organisasi perangkat daerah (OPD) dan Forkompinda ini dibagi menjadi dua sesi pelaksanaan. di ruang rapat paripurna, Jumat (8/3/2019).

Sesi pertama, sidang paripurna adalah rapat penyampaian tiga rancangan peraturan daerah (Raperda) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau. Kemidian rapat paripurna dilanjutkan agenda penyampaian pandangan umum terhadap usulan Raperda yang disampaikan Pemkot Lubuklinggau.

Semua Raperda yang disampaikan tersebut merupakan perubahan dari Perda yang telah ada sebelumnya yakni tentang Retribusi Daerah, Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Lubuklinggau, serta Retribusi Pelayanan Pasar.

Wakil Walikota, H Sulaiman Kohar, menyampaikan terkait usulan perubahan Perda retribusi, dimaksudkan untuk mengubah beberapa tarif yang ada di Kota Lubuklinggau guna menyesuaikan keadaan ekonomi yang fluktuatif serta melihat fakta kondisi di lapangan saat ini.

Peningkatan tarif retribusi yang Pemerintah Kota Lubuklinggau ajukan nantinya akan bermuara pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sedangkan, mengenai pembentukan dan susunan perangkat daerah bisa dilakukan dengan mengurangi atau menambah jumlahnya.

Perubahannya juga melihat aspek efektivitas dan efisiensi struktur yang ada di dalam Pemkot Lubuklinggau. Semua usulan Raperda ini sesuai dengan aturan yang berlaku.

Rapat rencananya akan dilanjutkan pekan depan dan dijadwalkan dapat segera disahkan setelah dibahas oleh anggota DPRD Kota Lubuklinggau, sampai Walikota. (adv/TG)

Pos terkait