Ekspektasi “Program” PAUD Tak Seindah Realita

  • Whatsapp

LINGGAU UPDATE — RENCANA, program dan pelaksanaanya tak terjadi sesuai harapan.***

Menurut, Johan Wahyudi, selaku Kasi Peserta Didik pada Bidang PAUD dan PNF di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Musirawas (Mura), Selasa (21/6/2021). Mengatakan, secara manusiawi tidak semua rencana yang sudah terkonsep bisa dilaksanakan sesuai harapan, begitu juga dengan Belanja Hibah Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2020 dari Disdik Mura senilai Rp.4,8 milyar.

“Fakta, tidak sesuai harapan pasti terjadi”. Lanjtut dia, penyaluran dana hibah kesejumlah lembaga PAUD sekitar Rp.4,8 milyar itu digunakan untuk proses belajar mengajar selama pandemi Covid-19, ada belajar sistem daring dan luring atau guru mengunjungi siswa.”Salah satu, peruntukan dana hibah untuk biaya transport guru mengunjungi siswa,” katanya.

Adapun, mekanisme penyaluran dana BOP PAUD secara umum syarat utama data lembaga Update diserver Dapodik berisikan tentang data base lembaga, siswa dan guru. Ia juga menjelaskan, pencairan dana BOP dari verifikasi data lalu diusulkan Dinas Disdik Musirawas.

“Peran Disdik Mura, hanya memverfikasi data dan mengajukan dana,” ungkap Johan Wahyudi.
Lansiran sebelumnya disampaikan Yusmaniar, selaku Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Krakter PAUD dan PNF, menuturkan kegunaan dana tersebut antara lain.”Untuk pembelian kouta paket, dan honor guru” pungkasnya. (Toding Sugara)

Pos terkait