Harga Getah Karet Murah,Sawah Kekeringan Petani Durian Mas Terancam Gagal Panen

  • Whatsapp

LINGGAUUPDATE.COM – Petani getah Karet di Desa Durian Mas Kecamatan Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu mengeluh .pasalnya harga karet kembali anjlok ke lepel terendah yakni 3000 Kg .

Mengeluhnya masyarakat di Desa Durian Mas ini karena harga getah karet tidak seimbang lagi dengan kebutuhan pokok sehari harinya.

Sebab harga kebutuhan pokok sehari hari seperti gula pasir saja mencapi 14000 satu kilo gramnya dan juga harga minyal sayur saja mencapai 12000 satu kilo gramnya .

Dengan tidak setabilnya antara harga kebutuhan pokok dengan mata pencarian masyarakat sehingga membuat masyarakat menjadi resah.

Madin (50) salah satu petani karet di Desa Durian Mas saat di jumpai media ini Rabu 21 Agustus 2019 mengatakan untuk kehidupan sehari harinya kelurganya menggantungkam hidup dengan mata pencarian motong getah karet ,namun mata pecariam andalan masyarakat ini harganya sangat lama anjlok .

Hari ini kita jual ke pemgepul di desa harganya hanya 3000 persatu kilo gramnya ,kalau saya getah karet saat ini lagi sedikit hanya 13 Kg karena saat ini lagi musim panas dan lagi musim gugur ,”ungkapnya.

Saya hari ini dapat uang dari getah karet yang saya jual hanya 39000 saja
,ya dengan uang ini bisa beli sayuran dan bahan dapur ,kalau untuk beli beras tidak cukup ,namun kita masih ada sawah sehingga tidak beli beras,”ujar Madin.

Tapi penderitaan kita belum selesai Dengan anjloknya harga getah karet ,tapi ada permasalahan baru lagi sebab sawah kita saat ini sedang mengalami kekeringan ,yang mana siring air saat ini mengalami kekeringan ,”jelasnya.

Saat ini saja padi masyarakat di Desa Durian Mas mayoritas sudah di tanam rata rata umurnya satu bulan lebih dan juga ada yang baru berumur 15 hari tanam ,sehingga saat ini padi warga terancam mati akibat kekeringan air,”terangnya.

Kalau permasalahan ini tetap berlanjut petani di Desa Durian Mas teranc gagal panen dan akibatnya masyarakat terancam paceklik .

Sementara itu,Kepala Desa Durian Mas Henli Rosa melalui Seketaris Desa Sari Alamsyah membenarkan aliran irigasi di Desanya memgalami kekeringan akibat datangnya musim kemaru .

Saluran irigasi di desa kita saat ini memgalami kekeringan ,akibat musim kemaru ,kita kasihan dengan warga padi baru di tanam sawah mengalami kekeringan akibatnya petani sawah terancam gagal panen ,”kata pak Sekdea Durian Mas .

Selin itu ,dirinya juga membenarkan harga getah karet di desanya lagi anjlok bayang kan saja untuk Kelas C 3000 ,Kelas B 4500 dan Kelas A 5000 ini sudah berlangsung lama ,”pungkasnya.(Mansur) .

Pos terkait