Inspektorat RL Turun Ke Desa Di Binduriang

  • Whatsapp

LINGGAUUPDATE.COM – Tim Inspektorat Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu ,Selasa 8 September 2020 kemarin ,melaksanakan kegiatan pengecekan pisik pembangunan pekerjaan di Tahun 2019 yang lalu.

Data yang di himpun media ini di lapangan di ketahui tim dari Inspektorat Kabupaten Rejang Lebong yang berjumlah 7 orang ini di bagi dua tim yakni Tim Admistrasi dan Tim Teknik.

Untuk Tim teknik ini di ketuai oleh Selamet Riadi yang turun langsung ke lokasi pembangunan dan mengecek langsung pembangunan yang sudah di bangun di Tahun 2019 yang lalu .

Diketahui Tim dari inspektorat pertama kali turun di Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong dan menyasar tiga desa di kecamatan binduriang .ketiga desa tersebut yakni Desa Kepala Curup ,Taba Padang dan Desa Air Apo.

Selamet Riadi selaku Tim Teknik dari Inspektorat Rejang Lebong saat di temui di lokasi mengatakan pengecekan ini merupakan pengecekan rutin yang di laksanakan oleh pihak Inspektorat sebagai bentuk pengawasan terhadap pembangunan yang sudah di bangun oleh setiap pemerintah desa .

Untuk di Desa Air Apo sendiri Selamet Riadi mengecek beberapa item pekerjaan yang sudah di bangun di tahun 2019 yang lalu ,”jelasnya.

Beberapa item tersebut yakni pembangunan jalan setapak ,pelapis tebing dan satu jembatan yang sudah di bangun oleh Pemerintah Desa Air Apo yang lama .

“Kita mengukur ketebalan jalan ,panjang dan lebar ,begitupun pelapis tebing dan jembatan ,”ujarnya .

Ditambahkan Selamet ,pengecekan ini sesuai dengan pisik pembangunan dan sesuai dengan SPJ serta sesuai dengan Rapnya .

“Ya kita cek dulu pisik item pembangunanya ,SPJ dan Rapnya ,jika tidak sesuai dengan rapnya dan SPJnya kita akan panggil dan kita akan minta keterangan dari kepala.desa itu sendiri ,”ungkapnya.

Selain itu ,jika pembangunan yang di bangun tidak sesuai dan katagori ada kerugian negara ,maka yang bertamggung jawab harus mengembalikan.uang ke negara ,”tegasnya.

Disisi lain saat melakukan ,pengecekan di jembatan Beton di Desa Air Apo yang sudah di bangun tahun 2019 ,Selamet Riadi mempertanyakan ovrit jembatan dan Expansion Joint,jembatan tidak ada dan tidak di pasang .

Dijelaskanya fungsi dari ovrit dan ekpansion joint sendiri jika tidak di pasang maka ketahanan dan daya tahan jembatan tidak bertahan lama .(Grng)

Pos terkait