Jalan Ketapat Bening “Bantuan” Gubernur Sumsel, Disinyalir Jadi Proyek Bancakan

  • Whatsapp

LINGGAU UPDATE — ALAMAK bantuan dana hampir Rp.10 milyar dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H.Herman Deru (HD), untuk Perbaikan Jalan di Desa Ketapat Bening, Kec. Rawas Ilir (Muratara) tahun 2020, disinyalir jadi proyek bancakan.

Pasalnya, belum setahun dikerjakan oleh PT.INNEVO KARYA ANDESINDO, sebagai Rekanan atas Pelaksanaan Jalan tersebut sudah mengalami rusak berat dan kondisi kerusakan jalan hampir sepanjang 3 Kilometer, sehingga mengundang tanya tanya bagi sejumlah pihak.

Indra Ali, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kepada media membenarkan, adanya kerusakan jalan tersebut akan segera diperbaiki sebab masih dalam masa pemeliharaan.Setahu dia, rusaknya jalan disebabkan sering lalu lalang kendaraan roda 12 (Truk engkel) bermuatan melebihi kapasitas milik Perusahaan PT.GORBY PUTRA UTAMA.

“Akibat, lalu lalang Truk (Mobil) milik PT. GORBY PUTRA UTAMA, membuat jalan menjadi rusak berat”. Lanjut PPK, itu Jalan dalam Kabupaten bukan untuk dilalui oleh Truk engkel bermuatan berat.”Ini, juga diakibatkan besi pasangan portal dilepas orang (Hilang). Akhirnya, bebas dilalui kemdaraan apa saja,” terang, Indra Ali.

Wakil Bupati (WABUB) Muratara, Inayatullah, meminta Dinas PUPR Muratara kroscek kerusakan jalan dan bila pelaksanaanya tidak sesuai meskipun tercatat SPH.

“Biar SPH, bila tak sesui. Jagan, berharap pekerjaan dibayar”. WABUB, mewakili Pemerintah Muratara, dia tidak bisa terima hasil pekerjaan dari PT. INNEVO KARYA ANDESINDO.”Saya, tidak akan bayar pihak Rekanan, Soal, itu serahkan ke BPK,” tegas Wakil Bupati Muratara.

Dari berbagai sumber tepercaya, dari Fisik Pembangunan jalan terkesan Asal-asalan dengan kuaitas diragukan secara Kasat mata. “Dari Kerusakan, itu sangat jelas pekerjaan. Terindikasi, tidak ada pemadatan”. Sisi lain, pada Pembangunan jalan Desa Ketapat Bening.”Pengaspalan jalan, dilakukan diatas tanah merah. Akibatnya, kondisi jalan mudah rusak,” Minggu (23/5/2021).

Asal-usul perbaikan jalan, bermula saat Gubernur Sumatera Selatan (SumSel), H.Herman Deru (HD), datang ke Muratara dan HD, sempat Silahturami ke Desa Ketapat Bening, dihadapan Masyarakat. Diketahui, Gubernur Sumsel berjanji memberikan bantuan berupa Infrasturktur perbaikan jalan di Desa ini.

“Gubernur Sumsel, berharap kepada Masyarakat turut mengawasi jalan ini”. Demi, kelancaran aktifitas sosial dan perekonomian masyarakat di Desa Ketapat Bening, akhirnya Janji HD, terhadap Perbaikan Jalan ditunaikan sesuai kebutuhan dana puluhan milyar. Kini, jalan itu mendadak viral. (TIM)

Pos terkait