Kades Pertanyakan Aset Desa Tidak Jelas

  • Whatsapp

LINGGAUUPDATE.COM — Kepala Desa Air Apo Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu ,sugianto mempertanyakan Aset Desa yang saat ini belum jelas.

Aset Desa yang di pertanyakan itu yakni Satu unit Tenda lengkap dengan perlengkapannya ,sebab hingga saat ini Pemerintah Desa Air Apo yang lama belum memberikan kejelasan tentang aset desa berupa tenda itu.

Kita minta kejelasan kepemerintahan sebelumnya yakni Lusi Suryadi selaku Kepala Desa Air Apo yang lama ,”kata Sugianto selaku Kepala Desa yang baru saat di temui media ini ,Selasa 30 Juni 2020 .

Dijelaskanya ,aset Desa yang di terima pemerintah yang sekarang yakni 3 Box atau berangkas ,6 pasang kursi ,satu unit
Laptop itu pun dalam keadaan rusak ,Alat posyandu berupa Timbangan bayi ,Mesin ketik lama ,Motor dinas itupun tampa ada surat STNK .

“Kita tidak tahu STNK nya dimana dan yang menyimpan siapa ,”ungkapnya.

Selain itu ,PAUD yang sudah di bangun oleh pemerintah sebelumnya juga belum di serah terimakan ke pihak pemerintah yang baru ,”ujarnya .


“Sehingga anak PAUD yang akan belajar dan bersekolah belum bisa di aktifkan ,”jelasnya.

Dikatakan Sugianto ,Permaslahan ini sudah di sampikanya ke Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melalui pihak Dinas PMD yakni ke Suradi selaku Kepala Dinas PMD Rejang Lebong.

Dirinya berharap supaya ada kejelasan mengenai apa apa saja ,aset desa supaya masyarakat tahu, itu milik desa dan juga dirinya berharap supaya perintah desa sebelumnya supaya transparan dengan aset desa sebab itu milik masyarakat .

Jika Permaslahan ini berlarut larut ,tidak ada itikad baik ,kita akan membawa Permaslahan ini ke ranah hukum supaya ada titik terangnya ,”tegasnya.
.
Kepalan Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong Suradi saat di hubungi media ini membenarkan sudah menerima laporan dari Sugianto selaku Kepala Desa Air Apo .

“Ya kita sudah menerima laporan secara lisan oleh Kepala Desa Air Apo dan dirinya berharap supaya Permaslahan ini bisa di selesaikan secara kekeluargaan melalui pihak BPD yang ada di desa .

Sebab aset desa itu milik desa ,jadi kebalikan ke desa supaya manfaatnya dapat dirasakan masyarakat yang ada di desa itu,”jelasnya.

Sementara itu ,Eliyenti SH selaku Camat Binduriang juga belum mengetahui secara pasti tentang aset desa berupa tenda yang dimaksudkan itu,karena saat ini jabatan saya selaku camat binduriang secara depenitif baru 1 Tahun lebih dan sebelumnya saya Sekcam Binduriang.

“Ya kalau semasa kepemimpinan saya aset berupa tenda itu ,tidak ada namun saya tidak mengetahui kalau masa kepemimpinan camat sebelumnya .

Lebih lanjut ,yang jelas saya selaku Camat Binduriang mengharapkan permasalahan ini di selesaikan secara kekeluargaan .

Selain itu,kita berharap supaya kepala desa saat ini ,Sugianto supaya mengambil dokumen aset desa ke pihak inspektorat atau pihak terkait.


Hal senada juga disampaikan Seketaris Kecamatan (Sekcam ) Biduriang Fauzi SH,dirinya berharap supaya Permaslahan aset desa ini bisa di selesaikan di desa secara kekeluargaan melalui pihak BPD yang ada di desa .(Grng). 

Pos terkait