Kadis PMD Musi Rawas : ‘Tergantung Kepolisian’

  • Whatsapp

MUSI RAWAS — PENANGANAN Perkara kasus dugaan pungutan liar (Pungli) Camat Sukakarya. Diungkapkan, oleh
Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Musi Rawas (Mura), itu tergantung Penyidik Kepolisian Resort Mura.

Menurutnya, masalah dua belah pihak pak Camat Sukakarya dan pak Kades Sukowarno, bersepakat melakukan perdamiaan secara kekeluargaan di Fasilitasi Dinas PMD Mura. Lanjutnya guna untuk kepentingan pelayanan masyarakat.

“Perdamaian, guna kepentingan pelayanan di masyarakat agar berjalan lancar,” jelas Kadis PMD

Soal, subtansi masalah kasus antara dua pihak itu bukan wewenang Dinas PMD Musi Rawas, sebab telah ditangani pihak Kepolisian resor Mura dan biarlah proses penyidik yang menilai kasus tersebut.

“Soal kasusnya, layak atau tidak itu tergantung proses penyidik Kepolisian Mura,” ujar Ahmadi Zulkanain, Kamis (25/6).

Sebelumnya, beredar luas kasus dugaan pungli dana desa dilakukan Camat Sukakarya, Wawan Setiawan, yang dilaporkan kepada Bupati Musi Rawas oleh Kepala Desa (Kades) Sukowarno, Askari, melalui Surat Pernyataan pada tanggal 15 Mei 2020.

Dalam surat, itu tertulis bahwa terjadi pungutan liar dana DD yang dilakukan Camat Sukakarya kepada Penyelengara dana desa meminta uang senilai Rp 3 Juta, sampai Rp 5 juta setiap tahap pencairan dan Pungli tersebut sudah dilakukan sejak Camat Sukakadya menjabat.

Serta, ada juga pungutan dengan dalih meminta bantuan sejumlah uang untuk kepentingan pribadi nominal Rp 10 juta, dan direalisasikan hanya Rp 2,300 (Dua Juta Tiga Ratus Ribu).

Hal ini, sebelumnya juga dibenarkan oleh Kepala Desa Yudha Karya Bakti (YKB) Muharor, selaku Saksi Pelapor.

“Tanya saja ke Polres Mura, sebab Saya sudah diminta keterangan sebagai saksi pelapor,” beber Kades YKB.

Sisi lain, terkait tudingan Pungli dari Kepala Desa Sukowarno, Dikemukakan Camat Sukakarya Musi Rawas, itu hanya cobaan dan bentuk kegagalan dia dalam membina bawahan.

“Dia, itu tersinggung sama, dirinya karena ditegur Soal kegiatan fiktip..?,” cetus Wawan Setiawan.

Sementara, terkait persoalan ini Kepala Bidang (Kabid) Fasilitasi Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa di PMD Mura, Andrianto Aditama, sewaktu hendak diwawancarai sedang tidak berada ditempat.

“Siang, tadi beliau ada dikantor tapi sampai saat ini sudah tidak berada ditempat, kemungkinan lagi keluar lewat pintu samping,” kata Pegawai penjagaan meja depan, Danang. (Toding Sugara)

Pos terkait