Kecamatan Sumber Harta Evaluasi dan Verifikasi Ulang Data Penerima Bantuan

  • Whatsapp

MUSI RAWAS — Pihak Kacamatan Sumber Harta lakukan rapat guna mengevaluasi dan verifikasi ulang data masyarakat penerima bantuan sebagai dampak dari covid 19. Tujuannya agar tidak terjadi tumpang tindih data masyarakat penerima bantuan tersebut. (Senin 22/6)

Menurut Plt Camat Sumber Harta, Dodi Turisno mengungkapkan rapat ini melibatkan seluruh Sekretaris Desa (Sekdes) dan Lurah yang berada di kecamatan Sumber Harta, karena mereka terlibat langsung di desa masing – masing dalam pendataan masyarakat penerima bantuan. Rapat tersebut fokus meminta kepada seluruh desa untuk melakukan verifikasi data ulang bagi warga yang sudah menerima bantuan.

“Verifikasi ulang data tersebut dilakukan, guna menghindari adanya tumpang tindih bantuan. Dimana dalam hal ini, setiap warga yang sudah mendapatkan bantuan baik itu penerima PKH, BLT DD, BST, BPNT, maupaun KKS, nantinya akan di kesampingkan terlebih dahulu, karena untuk bantuan yang berikutnya akan di utamakan kepada warga yang memang belum mendapatkan bantuan”, kata Camat.

Ditambahkannya verifikasi dan evaluasi ulang pendataan seperti ini akan dilakukan secara kontinyu, karena pihaknya tidak tahu kedepannya, apakah bantuan ini akan terus berlanjut atau tidak, sehingga desa-desa yang berada di Kecamatan Sumber Harta dapat sigap apabila nantinya di perlukan data yang terbaru. Salain melakukan verifikasi data, Dodi Turisno juga mengajak kepada seluruh desa, melalui Sekertaris Desa dan Lurah, untuk memasang poster atau baleho di setiap kantor desa dengan bertuliskan nama-nama warga yang sudah mendapatkan bantuan.

“Hal tersebut di lakukan agar dalam proses pemberian bantuan baik itu dari Desa, Pemerintah Kabupaten, ataupun dari Pemerintah Pusat dapat lebih transparan, dan seluruh masyarakat dapat melihatnya”, imbuhnya

Dalam forum rapat itu juga Camat juga kembali mengingatkan kepada seluruh Sekdes dan Lurah, untuk selalu melakukan evaluasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap waspada dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna menyambut Era New Normal.

“Walaupun kita sudah mulai memasuki era New Normal, kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat, karena dengan adanya new normal ini bukan berarti kita sudah terbebas dari wabah covid-19”, pungkasnya. (Syarif)

Pos terkait