Kisaran Seratus Juta, Bantuan Orang “Maskin”, Disnyalir Jadi Rezeki Sekcam Terawas

  • Whatsapp

LINGGAU UPDATE — UANG bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) untuk Masyarakat “Miskin”  Alias tidak mampu,disnyalir menjadi rezeki bagi Zaini yang menjabat sebagai Sekcam Kecamatan Terawas.***

Pasalnya, bantuan BLT-DD di Desa Sumber Karya, Kec. Terawas, Kabupaten Musirawas (Mura) tahun anggaran 2020 disalurkan tidak sesuai harapan warga. Menurut, warga setempat tidak mau disebutkan namanya kepada Media LinggauUpdate.com, mengatakan. Hampir, sekitar seratus juta lebih bantuan BLT-DD diduga telah diselewengkan Sekcam Kecamatan Terawas, merangkap PJ Kades Desa Sumber Karya.

“Sekitar, Rp.100 juta lebih bantuan BLT. Diduga, untuk keperluan Pribadi Sekcam Terawas”. Dijelaskanya, pembagian bantuan untuk bulan April, Mei dan Juni 2020, dibagikan Rp.600 ribu.”Mestinya, besaran BLT-DD dibagikan Rp.300 ribu per bulan,” katanya.

Setahu, dirinya pembagian bantuan ke masyarakat hanya disalurkan sebanyak tiga kali selebihnya tidak disalurkan, kemudian penyaluran bantuan BLT-DD bulan Agustus dan September, sampai Desember 2020 dibagikan oleh Zaini, ke Masyarakat hanya Rp.300 ribu.
“Saya, pastikan BLT bulan Mei tidak dibagikan, Zaini. Selanjutnya, bantuan dibulan Agustus sampai Desember, juga diselewengkan,” beber Warga Desa Sumber Karya.

Sementara, pesan Inspektur Inspektorat Musirawas, Alexsander Akbar, dikirim melalui WhatsApp, Selasa (25/5/2021) Mengungkapkan, penyaluran BLT-DD Tahap (1) tahun 2020 untuk Desa Sumber Karya (Terawas) telah disalurkan tanggal 19 Mei, dan Tahap (II) disalurkan tanggal 3 Juni, seluruh penerima berjumlah 60 orang.

“Tahap I dan II, jumlah penerima BLT 60 orang”. Sambung Inspektur, untuk Jumlah penerima bantuan Tahap III, dia tidak mengetahuinya, alasan dia dikarnakan keterbatasan waktu sehingga penyaluran BLT Tahap III tidak dipantau oleh Tim-nya.“BLT Tahap III, disalurkan. Tanpa, monitoring Inspektorat,” ucap Alexsander Akbar. 

Terkait, persoalan ini, PJ Kades Desa Sumber Karya, Zaini, juga Menjabat sebagai Seketaris di Kantor Kecamatan Terawas (Mura) berulang kali dihubungi untuk diwawancarai melalui Telpon selulernya tersambung dinomor. 082180787××× tidak diangkat, begitu juga pesan terkirim sampai sekarang tidak dijawab. (Toding Sugara)

Pos terkait