Lima Milyar Dinilai “Minim” Hibah Bos Tak Terealisasi

  • Whatsapp

LINGGAU UPDATE — ALOKASI dana lima milyar lebih, dinilai terlalu kecil alias “Minim” mengakibatkan belanja hibah BOS Swasta dari Pemerintah Daerah Musi Rawas (Mura) tahun anggaran 2020, tidak terealisasi.***

Hal ini diterangkan oleh Feri, di Bidang Anggaran PPKD pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Musi Rawas mengatakan. Karena, adanya Covid-19 sehingga Nilai anggaran belanja hibah dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk swasta dialokasikan menjadi kecil dikarenakan terjadi refocusing.

“Dampak, refocusing dana Bos tidak sampai satu milyar”. Ditambah, dengan minimnya dana bakal disalurkan sehingga Penerima kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Mura tidak akan membuat Pertanggungjawaban hibah.”Akibat-nya, dana hibah tahun 2020 tidak direalisasikan,” terangnya.

Informasi data untuk belanja hibah BOS, semula tidak dianggarkan dan dalam Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2020 dialokasikan senilai Rp.5,2 milyar.

Pernyataan serupa, juga dibenarkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Musi Rawas, menyatakan tidak terealisasinya belanja hibah BOS dikarenakan kecilnya dana akibat refocusing, Kamis (25/3).

“Benar, dana tidak terealisasi. Akuinya, karena anggaran minim”. (Toding Sugara)

Pos terkait