Muara Telita Bangun Akses Jalan Perkebunan Pertanian

  • Whatsapp

Rejang Lebong – Pemerintah Desa Muara Telita Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu di Tahun 2019 saat ini melaksanakan kegiatan pembangunan akses jalan menuju ke areal perkebunan dan pertanian guna mempermudah masyarakat Desa Muara Telita mengangkut hasil pertanian dan perkebunan .

Akses jalan Usaha Tani yang di buka hingga dilaksanakan Peningkatan pembangunan jalan lapen dengan panjang 600 meter lebih .

Selain pembangunan jalan lapen Pemerintah Desa Muara Telita juga melaksanakan pembanguan Talut sepanjang 561 meter lengkap dengan Plat Deker .

Kepala Desa Muara Telita Ibrahim di dampingi Sekeketaris Desa (Sekdes) Muara Telita Ebri Armansyah mengatakan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) ini dirasa sangatlah penting mengingat masyarakat Desa Mura Telita ini mayoritas petani kopi karet dan petani buah musiman .

Sehingga hampir tiap hari masyarakat kita memerulan akses jalan guna mengangkut hasil buminya,”ujar Ebri.

Jadi kami selaku Pemerintah Desa setempat merasa sangat penting ,sebab jika jalanya bagus hasil pertanian dan perkebunan saat di jual hasilnya juga bagus ,”ungkapnya.

Contonya saja ,bila musim buah durian ,selama ini masyarakat mengangkutnya dengan di gendong menggunakan keranjang menggunakan kepala dan seharinya bisa mengangkut 2 kali saja ,namun semenjak ada jalan bisa 4 hingga 6 kali mengangkut buah ,”jelasnya.

Selain itu ,jarak tempuh mengangkut hasil pertanian dan perkebunan juga sangat cepat dan tidak memakan waktu lama ,yang mana selama ini jarak tempunnya 1 jam perjalanan saat ini aksesnya bisa di tempuh 15 menit atau 10 menit saja pulang perginya.

Lebih lanjut,jalan JUT yang kita bangun ini juga di gunakan sebagai akses jalan pengubung ke desa tetangga yakni Desa Kasie Kesubun .

Diceritakan Sekdes ,sebelum di bangun warga yang akan ke desa tetangga harus memutar arah dulu ,dari desa ke Kecamatan PUT dulu dan melintas beberapa desa yang jarak tempuhnya hingga hampir 10 Km .

Nah dengan di bangunya JUT ini aksesnya sangatlah dekat hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk ke desa tetangga ,”katanya.

Guna mempertahan kwalitas jalan JUT kita juga sudah membangun Drainase jalan dengan panjang 205 meter kiri dan kanan jalan ,supaya saat musim pemghujan air tidak menggenagi badan jalan ,”terangnya.

Dengan adanya pembangunan yang sedang kita laksanakan saat ini bisa terwujut atas dukungan dan partisipasi masyarakat Desa Muara Telita sehingga pembangunan yang ada bisa terwujut ,”pungkasnya.(Mansur).

Pos terkait