Pemkab Muratara, Terbitkan Produk Hukum Desa

  • Whatsapp

LINGGAUUPDATE.COM — Bentuk Keserius Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Musirawas Utara (Muratara), dalam melayani kepetingan Masyarakatnya, tahun ini menerbitkan Produk hukum desa, Minggu (14/12/2019).

Keserius itu, dibuktikan dengan telah terbitnya Peraturan Darah (PERDA) dengan Nomor 2 Tahun 2018, tentang Pedoman Teknis Pembentukan Produk Hukum Desa. Sesuai wewenang, Desa bagaian vital yang tidak dapat dipisahkan dari hierarki struktur bernegara karena pada hakikatnya.

Desa atau sebutan lain, yang beragam disebut sebagai. “Self- Governing Community,” Karena indonesia pada mulanya merupakan komunital lokal yang mempunyai batas-batas wilayah, dihuni oleh sejumlah penduduk, dan mempunyai adat istiadat untuk mengelola daerahnya sendiri.

Maka dengan, itu PEMKAB Muratara menerbitkan PERDA tersebut untuk mengatur dan mengurus daerahnya sesuai dengan asal usul atau hak tradisional. Hal ini juga menunjukan bahwa selain menganut demokrasi, di Desa juga memeliki otonomi asli yang diakui dan dihormati dalam sistem ketata Negaraan Indonesia.

Adapun, tujuan dari Produk Hukum Desa. Yaitu, guna melayani kepentingan masyarakat setempat, dengan dasar prakarsa masyarakat, baik Hak asal usul, dan Hak tradisional, yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga Produk hukum desa sangat penting dalam rangka per nyenggaraan pemerintah di desa.

Disamping, itu PEMKAB Muratara melalui Bagian Hukum di Muratara, terkait Produk Hukum Desa ini juga disebar luaskan melalui Online atau Medsos, agar dapat diketahui masyarakat banyak. (Toding Sugara)

Pos terkait