PUPR Muratara Lebih Bayar “PT.KTM” Rp.1,6 Milyar

  • Whatsapp

LINGGAUUPDATE.COM — MESKIPUN kurang volume pekerjaan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), tetap saja PT. Karya Triyasa Mandiri (KTM) di Bayar 100 persen,

Pembayaran, itu atas Kegiatan Peningkatan Jalan Bingin Teluk – Trans Nibung, di Kec. Rawas Ilir dan Kec. Nibung, yang dikerjakan oleh PT. KTM nilai kontrak sebesar Rp.11,5 milyar, tahun 2019.

Sementara, dalam proses pemeriksaan fisik di lapangan yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan kekurangan volume pekerjaan. Tetapi, pembayaran yang dilakukan DPUPR Muratara terhadap PT. Karya Triyasa Mandiri, tetap 100 persen dan terjadi lebih bayar
Rp.1,6 milyar.

Terkait, nilai lebih bayar Rp.1,6 milyar itu baik pihak Rekanan, PPTK, PPK maupun Sekretaris Sekretaris DPUPR Muratara sependapat atas Penyampaian temuan BPK tersebut.

“PT. KTM, juga bersedia mengembalikan dana Rp.1,6 milyar itu disetor ke Kas Daerah”.

Hal ini, disebabkan oleh Kepala DPUPR Muratara kurang cermat dalam pengawasan, sedangkan PPK, PPTK dan Tim PPHP kurang cermat saat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Kondisi, ini mengakibatkan lebih bayar senilai Rp.1,6 milyar dan betentangan dengan Peraturan Presiden (PP) dinomor, 16 tahun 2018 tentang Pengadaan barang/jasa pemerintah.

Sampai, berita dilansir terkait masalah tersebut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Heru Faiz, belum berhasil di Wawancarai, begitu juga Kepala DPUPR Muratara dan PT. KTM, Selasa (18/8). (Toding Sugara)

Pos terkait