Ratusan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen Di Serang Hama Tikus

  • Whatsapp

MUSI RAWAS — Ratusan Hektar Padi Sawah yang berada di Desa P1 Madiharjo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Musi Rawas, Propinsi Sumatra Selatan terancam gagal panen akibat serangan hama Tikus.

Pantauan awak media, tampak terlihat tanaman padi yang berada di sepanjang jalan, tepatnya di Desa P1 Madiharjo, dusun 6, sudah mulai menguning dan rusak.

Salah satu petani, M.Syafik Ikmal yang sedang memotong padi di sawah, saat di wawancarai awak media mengatakan bahwa tanaman padi itu rusak dan gagal panen akibat hama tikus.

“Tanaman padi ini rusak bahkan mati karena hama tikus mas, padahal sebulan lagi siap panen”. Ungkapnya dengan nada sedih. Rabu (22/7).

Lanjut Syafik, tingkat serangan hama tikus ini mengalami kenaikkan jika dibandinkgan sebelumnya. Padahal sudah kami kasih racun tikus, namun hama tikus tetap ada dan makin banyak, sebab hama tikus ini sulit untuk diatasi.

Hal senada juga di ungkapkan Sukardi, akibat adanya hama tikus yang merusak sawahnya ia terancam gagal panen bahkan mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

“Ya ginilah mas resikonya, kalu gagal panen ya rugi padahal bentar lagi padi ini sudah mau panen”.ucapnya.

Di katakan juga, bahwa tiap kali panen dengan sawah ukuran seperempat hektar ia bisa menghasilkan beras berkisar 500 Kilogram, namun dengan gagalnya panen ini ia harus terpaksa gigit jari dan mencari modal untuk menanam padi kembali. (Syarif)

Pos terkait