SPPD Dinkes Mura Rp 12 Milyar, Hasil Refocusing

  • Whatsapp

LINGGAU UPDATE — SEMULA dianggarkan senilai Rp.4,5 milyar, setelah dilakukan Recofusing biaya perjalanan dinas (SPPD) di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musirawas (Mura) tahun anggaran 2020. Membengkak menjadi, senilai Rp.12,4 milyar.


Pembengkakan anggaran, diselipkan pada setiap Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) tersebar di 19 Puskesmas Musirawas dengan peruntukan khusus Perjadin dalam daerah, dengan total anggaran sekitar Rp.8,6 milyar sumber anggaran dari DAK Bidang Kesehatan tahun 2020.

Total biaya perjalanan dinas Dinkes Mura ke dalam daerah tahun 2020 menjadi senilai Rp.11,6 milyar, sedangkan Perjadin ke Luar daerah dianggarkan sekitar Rp.834 juta.

Sementara, dibenarkan oleh Sekretaris Dinkes Musirawas, Muhamad Nizar, Senin (21/6/2021). Pembengkakan anggaran perjadin ke dalam daerah, untuk berkoordinasi antara Dinkes dengan sejumlah Puskesmas dalam rangka penanganan covid-19.

“Hasil refocusing, untuk Penambahan biaya perjadin”. Lanjut, Sekretaris Dinkes Mura, penganggaran perjadin sebesar itu dinilai sudah sesuai dan wajar dengan keadaan. “Tanpa, perjadin dua belas milyar. Akuinya, seluruh kegiatan di Dinas Kesehatan tidak berjalan,” terang Muhamad Nizar.

Sekretaris Dinkes Mura,mengibaratkan.”Perjadin, itu Roh sedangkan Dinkes tubuhnya,” paparnya. (Toding Sugara)

Pos terkait