Tiang Listrik Dari Bambu di Desa Madang

  • Whatsapp

MUSI RAWAS — Infrastruktur kelistrikan di Desa Madang, Kecamatan Sumber Harta tergolong masih minim dan menjadi keluhan masyarakat setempat. Masyarakat berharap masalah ini jadi perhatian pemerintah.

Berdasarkan pantauan awak media di lapangan, Jum’at (26/6/2020). Terlihat di beberapa dusun di Desa Madang, diantaranya dusun dua (2) dan dusun tujuh (7) masih banyak tiang-tiang listrik menggunakan bilah bambu, kayu, bahkan pohon-pohon yang berada di depan rumah warga sebagai penyangga kabel agar tidak menjuntai hingga jatuh ketanah.


Supardi, (42) warga Dusun dua Desa Madang mengungkapkan bahwa tiang-tiang tersebut di buat berdasarkan inisiatif dan swadaya warga kurang lebih sudah lima (5) tahun yang lalu, hal itu untuk mengantisipasi agar kabal tidak jatuh.

“Sudah pernah mengajukan kepada pemerintah untuk melakukan penambahan tiang listrik, namun sampai saat ini belum ada tanda – tanda akan direaliasasikana”, ujarnya

Cerita yang sama juga disampaikan Sagilan (46) yang mengatakan bahwa di dusunnya sering terjadi korsleting listrik karena kondisi tiang listrik yang terbuat dari kayu dan bambu tersebut. Bahkan seingatnya dua kali terjadi kebakaran disebabkan oleh kondisi tesebut, hal inilah membuat warga terkadang was – was dan khawatir ketika ada ujan deras atau angin kencang.

“Sekitar satu bulan yang lalu, pernah terjadi korsleting listrik, yang mengakibatkan kurang lebih 100 bola lampu di rumah beberapa warga menjadi putus dan tidak jarang kalu hujan angin datang kondisi arus listrik mulai tidak stabil”, tuturnya

Sementara itu Kepala Desa Madang, Indra Gunawan, saat di jumpai di kediamannya menjelaskan bahwa dirinya sudah pernah mengajukan permohonan penambahan tiang listrik untuk di desa nya kepada Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang (DPUCKTR), Namun sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya.

” Selaku pemerintah permasalahan ini sudah disampikan kepada pemerintah yang lebih tinggi termasuk ke dinas yang membidanginya, tapi belum ada realisasinya,” jelasnya

Lebihlanjut, Indra Gunawan berharap kepada Pemerintah agar dapat memberikan bantuan penambahan tiang listrik di Desa Madang, sehingga dengan demikian diharapkan dapat mengurangi terjadinya konsleting listrik.

” Kami berharap kedepannya masalah infrastruktur kelistrikan ini segera diperhatiakan oleh pihak terkait, kalau tidak tentu masyarakat selalu dibayangi rasa khawatir akan ada gangguan jaringan listrik tersebut,” demikian tandasnya. (Syarif)

Pos terkait